"TUGAS PEREKONOMIAN 1" PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA (2012-2017)


PENDAPATAN PERKAPITA
Tahun 2012-2017



1.      Pengertian Pendapatan Perkapita

Pendapatan Perkapita ialah pendapatan rata-rata penduduk dalam suatu negara pada suatu periode tertentu.

Pendapatan perkapita ini merupakan salah satu tolak ukur kemakmuran dari suatu negara. Negara yang memiliki nilai pendapatan nasional yang tinggi belum tentu lebih makmur bila dibandingkan dengan negara yang berpendapatan rendah dikarenakan jumlah penduduk pun menentukan tingkat kemakmuran dari negara tersebut.

Maka dari itu, meski suatu negara memiliki pendapatan nasional yang tinggi namun jumlah penduduknya sangat banyak maka belum tentu negara tersebut tergolong sebagai kelompok negara makmur. Begitupun sebalik nya, apabila pendapatan nasional suatu negara kecil tetapi jumlah penduduk nya sedikit maka belum tentu negara tersebut tergolong miskin, malah bisa jadi negara tersebut tergolong sebagai negara yang makmur.


2.      Perhitungan Pendapatan Perkapita

Ada dua cara untuk menghitung pendapatan perkapita yaitu sebagai berikut :

·         Berdasarkan harga yang sedang berlaku. Jika kita menghitung pendapatan perkapita berdasarkan harga yang berlaku maka hasilnya disebut pendapatan perkapita nominal
§  Pendapatan perkapita nominal adalah pendapatan per kapita yang tidak memperhitungkan tingkat kenaikan harga/inflasi..

·          Berdasarkan harga tetap. Jika dihitung berdasarkan harga tetap, hasilnya disebut dengan pendapatan perkapita riil.
§  Pendapatan perkapita riil adalah pendapatan perkapita yang sudah memperhitungkan tingkat kenaikan harga/inflasi.


3.      Fungsi Pendapatan Perkapita

Kegunaan dari penghitungan pendapatan perkapita adalah sebagai berikut :
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan penduduk suatu negara dari tahun ke tahun.
  • Sebagai perbandingan kesejahteraan suatu negara dengan negara lain. Dengan demikian dapat dilihat tingkat kesejahteraan pada tiap tiap negara.
  • Sebagai perbandingan tingkat standar hidup masing masing negara dari tahun ke tahun.
  • Sebagai data pengambilan kebijakan bidang ekonomi. Adanya hasil pendapatn perkapita akan menjadi pertimbangan bagi para pengambil kebijakan di bidang ekonomi.


4.      Grafik Pendapatan Perkapita (2012-2017)

           Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Pendapatan Nasional perkapita dari tahun 2012 hingga 2017 , berikut datanya :




KESIMPULAN:

Menurut data yang kami dapat, dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Perkapita sebagai tolak ukur suatu negara, yang mempunya dua metode perhitungan (harga yang berlaku dan harga tetap), dan Pendapatan Perkapita yang terjadi di Indonesia mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 bisa kita lihat pada grafik diatas pendapatan perkapita selalu mengalami penaikan tiap tahunya dan itu pertanda baik bagi perekonomian indonesia.

SUMBER :

Comments

Popular posts from this blog

EXERCISE OF CAUSATIVE VERBS,ADJECTIVES AND ADVERBS, PASSIVE VOICE, AND DIRECT AND INDIRECT

ENGLISH TASK - COMMONLY MISSUED,CONGFUSINGLY RELATED, AND PREPOSITION