MANAJEMEN PEMASARAN
1) Pengertian
secara etimologi
Manajemen
pemasaran jika kita perhatikan sesuai dengan namanya memang terbagi menjadi dua
kata “manajemen” dan “pemasaran” . Jadi Manajemen Pasar
merupakan gabungan dari dua kata
2) Pengertian
secara umum
v Manajemen :
Sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target.
v Pemasaran :
Suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai
ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa.
v Pasar :
Kelompok
individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap
barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
ü Jadi
Manajemen Pemasaran adalah Sebuah prosses
rangkaian kegiatan perencanaan,perorganisasian,peng;gerakan dan pengawasan
yang dilakukan dalam program pemasaran untuk mencapai target suatu perusahaan.
PASAR ABSTRAK |
3) Jenis-Jenis Pasar
Memiliki
4 Kategori Pendekatan.
Berdasarkan
:
- Bentuk Kegiatan.
- Cara Transaksinya.
- Jenis Barangnya.
- Keluasan Distribusinya.
- Bentuk Kegiatan.
- Cara Transaksinya.
- Jenis Barangnya.
- Keluasan Distribusinya.
1)
Jenis pasar menurut
bentuk kegiatannya.:
·
Pasar Nyata.
Pasar nyata
adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli
oleh pembeli. (Contoh: pasar
tradisional dan pasar swalayan.)
·
Pasar Abstrak.
Pasar abstrak
adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan
dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat
dagangannya saja. (Contoh : pasar
online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing. )
2)
Jenis pasar menurut
cara transaksinya. :
·
Pasar Tradisional
Pasar
tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan
pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang
diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·
Pasar Modern
Pasar modern
adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan
harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah
di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
3)
Jenis – Jenis Pasar
menurut jenis barangnya.:
Beberapa pasar
hanya menjual satu jenis barang tertentu , (Contohnya :pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging
serta pasar loak.)
4)
Jenis – Jenis Pasar
menurut keleluasaan distribusi.
Menurut
keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
- Pasar Lokal
- Pasar Daerah
- Pasar Nasional dan
- Pasar Internasional
4) Konsep Pemasaran
Dalam konsep
dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:
1. Konsep Produksi
Yaitu suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai
produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah. Jadi orientasi
konsep ini lebih mengarah pada upaya pencapaian efisiensi produk yang tinggi
dan distribusi yang sangat luas. Tugas manajemen disini adalah memperbanyak
produksi barang karena konsumen dianggap akan menerima hasil produksinya yang
terjangkau dimana-mana.
2. Konsep Produk
Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang
menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik. Dimana tugas
manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan
yang terbaik & menarik.
3. Konsep Penjualan
Menyatakan bahwa konsumen dengan dibiarkan begitu saja atau apa
adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para
konsumen.
4. Konsep Pemasaran
Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis
meliputi penentuan kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta
memberi kepuasan yang sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan
para pesaing.
5. Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan ,
kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap
melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.
6. Konsep Pemasaran Global
Dalam konsep ini manajer
eksekutifnya harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat
mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis. Dimana tujuan akhirnya
ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang
terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu
perusahaan.
5)
Keadaan permintaan dan tugas pasar
1)
Permintaan Negatif (negatif demand)
Adalah
keadaan sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak
menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar
untuk menghindarinya. Tugas Pemasarannya adalah positif permintaan dan nama
resminya adalah conversional marketing.
2)
Tidak ada permintaan (no demand)
Berarti
orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa.
Penawaran yang ada dalam keadaan tidak ada permintaan dapat digolongkan menjadi
3, yaitu :
- Barangnya sudah dikenal tetapi dianggap tidak
mempunyai nilai, misal barang-barang bekas.
- Barangnya sudah dikenal dan dianggap bernilai, tetapi
tidak mempunyai nilai untuk pasar tertentu, missal penawaran perahu di daerah
pegunungan.
- Barangnya baru ditemukan dan menghadapi keadaan tidak
ada permintaan Karena pasarnya tidak mengetahui tentang adanya barang-barang
tersebut, misalnya barang-barang perhiasan.
Tugas
manajer pemasaran pada keadaan permintaan ini adalah menciptakan permintaanatau
“stimulation marketing” adalah sebagai berikut :
- Mencoba menghubungkan produk atau jasa dengan
kebutuhan yang ada di
pasar. Misal, barang bekas dapat
dibuat barang seni.
- Mencoba mengubah lingkungan sedemikian rupa agar
barang-barang yang
ditawarkan menjadi bernilai, misal
membuat danau rekreasi untuk
menciptakan permintaan terhadap
perahu.
- Menyebar informasi tentang suatu barang yang baru
ditemukan kepasar agar
diketahui bahwa barang tersebut ada
dan orang tertarik untuk membeli.
3)
Permintaan terpendam (latent demand)
Adalah jika
sebagian besar orang – orang mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang
tidak ada dalam bentuk barang atau jasa yang nyata. Dalam keadaan permintaan
seperti ini maka manajer pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan
permintaan atau disebut “development marketing”.
4)
Permintaan menurun (falling demand)
Adalah suatu
keadaan di mana permintaan untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari
tingkat sebelumnya, dan diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak
memperbaiki pasar yang dituju atau usaha-usaha pemasaran. Tugas pemasarannya
adalah “remarketing”.
5)
Permintaan tidak teratur (irregular
demand)
Perusahaan
dapat mengalami masa-masa penuh dan masa-masa sepi atau permintaan tidak
teratur, yaitu suatu keadaan dimana pola pemintaan pada saat-saat tertentu
dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau hal-hal lain. Tugas manajemen marketing
adalah menyelaraskan permintaan atau “syncromarketing”, yaitu dengan
menyesuaikan permintaan dan penawaran dengan mengubah pola permintaan misal
dengan memberikan harga yang murah pada masa-masa sepi atau mengenakan harga
yang tinggi pada masa-masa ramai.
6)
Permintaan penuh (full demand)
Adalah suatu
keadaan di mana tingkat dan saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat
dan saat permintaan yang diharapkan. Permintaan pasar dipengaruhi oleh
kekuatan-kekuatan yang bersifat menekan, seperti perubahan kebutuhan dan selera
di pasar, persaingan yang aktif. Biasanya para pesaing akan muncul bilamana
suatu produk mengalami permintaan penuh. Tugas manajer permasaran adalah
“maintenance marketing”, yaitu dengan mempertahankan harga jual, mengendalikan
biaya, tetap mengadakan promosi.
7)
Permintaan yang berlebihan (overfull
demand)
Adalah suatu
keadaan dimana permintaan lebih besar dari pada penawarannnya. Perusahaan
merasa tidak mampu untuk memenuhi permintaan yang lebih besar. Dalam hal ini
tugas manajer pemasaran adalah mengurangi permintaan atau disebut
“demarketing”, yaitu dengan menaikkan harga, mengurangi kegiatan promosi.
8)
Permintaan tidak sehat (unwholesome
demand)
Adalah
permintaan beberapa jenis produk yang dapat dinilai tidak baik dari segi
kesejahteraan konsumen, kemakmuran masyarakat atau penyedia, seperti permintaan
rokok, obat-obatan terlarang atau ganja, dll. Dalam hal ini manajer pemasaran
mempunyai tugas untuk merusak atau meniadakan permintaan atau disebut
“countermarketing”.
BAURAN PEMASARAN 4P |
6)
Bauran Pemasaran 4 P(Marketing mix)
a. Product (Produk)
Kombinasi barang dan jasa yang
ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran, yang harus memerhatikan customer
needs and wants (keinginan dan kebutuhan konsumen)
b. Price (Harga)
Jumlah uang yang harus dibayar oleh
pelanggan untuk memperoleh produk, dengan memerhatikan cost to the customer
(biaya yang ditanggun konsumen)
c. Place (Distribusi)
Aktivitas perusahaan untuk mebuat
produktersedia bagi konsumen sasaran dengan memperhitungkan convenience
(kemudahan akses) konsumen.
d. Promotion (Promosi)
aktivitas yang mengkomunikasikan
keunggulan produk dan membujuk konsumen sasaran untuk membelinya, dengan
melakukan communication pada konsumen.
TAKE DEAL!! |
7)
Tujuan Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif dari sistem
pemasarn yaitu:
ü Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasarn adalah memudahkan
dan merangsang konsumsi maksimu, akhirnya menciptkan produksi, kesempatan
kerja, dan kemakmuran maksimum
ü Memaksimumkan kepuasan konsumen
Mengukur kepuasaan konsumen tidak
muah, karena belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu,,
kepuasaan dari produk atau jasa yang baik diimbangi olehkejelekan dari
pencemaran lingkungan, kepuasaan yang diterima seseorang tergantung dari
sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
ü Memaksimumkan Pilihan
Beberapa
pemasaran percaya bahwa tujuan system pemasaran adalah untuk memaksimumkan
beragam produk dan pilihan konsumen.
ü Memaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu, lingkungan fisik, dan
mutu lingkungan kultur.
8) PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI
PEMASARAN
·
Pendekatan
serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok
pemasaran yaitu, pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan,
penanggungan resiko, standarnisasi, pengumpulan informasi pasar.
·
Pendekatan
serba lembaga
Dilihat dari lembaga atorganisasi
yang terlibat dalam pemasaran, misal: Produsen, supplier, perantara dagang.
·
Pendekatan
serba barang (organisasi industri)
Studi tentang bagaimana barang
berpindah dari produsen kekonsumen akhir atau konsumen industri.
·
Pendekatan
serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajer atau
keputusan yang diambil.
·
Pendekatan
serba sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas
dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan
lembaga.
9)
Ciri – Ciri
Pemasaran adalah kreasi
dan realisasi . Pemasaran mencangkup kegiatan dengan ciri – ciri sebagai
berikut :
§ Menyelidiki
dan mengetahui apa yang dibutuhkan keinginan konsumen.
§ Merencanakan dan mengembangkan sebuah produk atau jasa
yang akan memenuhi produk atau jasa yang ditawarkan.
§ Sifat khusus yaitu eksploitasi faktor – faktor diluar
perusahaan inilah yang membedakan fungsi marketing dari ke tiga fungsi pokok
business management yang lain.
10)
Fungsi Pemasaran
Pada artiken ini
difokuskan pada pada fungsi pemasaran , sepeti berikut ini :
a) Fungsi Pembelian
(Buying), mengikuti kegiatan untuk
mencari dan juga mengumpulkan produk yang dibutuhkan sebagai persedian untuk
pemenuhan kebutuhan konsumen.
b) Fungsi Penjualan
(Selling) , Kegiatan untuk memenuhi kebutuhan
konsumen baik berupa Produk ataupun Jasa dengan tujuan mendapatkan laba.
c) Fungsi
Transportasi(Transportation), kegiatan untuk
pemindahan produk dari suatu wilayah ke wilayah yang lainnya.
d) Fungsi Penyimpanan
(Saving) , kegiatan untuk penyimpanan produk yang
telah dibeli , hal ini dilakukan sebagi persediaan baikpun menghindari adanya
kerusakan ataupun resiko lainnya.
e) Fungsi informasi pasar
(Market Information), fungsi ini sifatnya
sangat luas serta fungsi yang palin penting. Hal ini disebebkan fungsi ini
emeberikan informasi tentang situasi serta kondisi perdanagan ang masih sangat
umum yang mana masih ada hubungn dengan produk tertentu, serta harga jual
yang diinginkan konsumen dan juga semua kondisi pasar.
11)
Profesi/Prospek Kerja dalam bidang Pemasaran
Beberapa
pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang basicnya merupakan Manajemen
Pemasaran, berikut dibawah ini :
1.
Sales
Excecutive / Marketing Division
Merupakan
bagian utama yang menjadi ujung tombak perusahaan untuk menjual barang dan jasa
yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dengan sebaik mungkin.
2. Konsultan / Marketing
Analisis
Kegiatan
yang menyajikan data-data mengenai dunia bisnis dan target pasar yang di cari
oleh industri perusahaan.
3. Social Media Marketing
Saat
ini semakin banyak saja perusahaan yang melirik sosial media sebagai sarana
mereka untuk melakukan strategi pendekatan dan menarik hati konsumen. Sekarang
sosial media marketing juga sudah mulai menjadi bahan yang dipelajari secara
akademik karena pengaruhnya yang cukup besar saat ini.
4. Entrepreneur / Kewirausahaan
Seorang
pemasar sangat mirip dengan seorang wirausahawan, harus memiliki jiwa tangguh
dan kepemimpinan yang tinggi. Kamu bisa mengembangkan usaha kamu sendiri dengan
ilmu marketing yang kamu miliki apapun sektor bisnis yang kamu kerjakan.
Sumber :
Comments
Post a Comment