MANAJEMEN PEMASARAN


MANAJEMEN PEMASARAN

1)    Pengertian secara etimologi
Manajemen pemasaran jika kita perhatikan sesuai dengan namanya memang terbagi menjadi dua kata “manajemen” dan “pemasaran” . Jadi Manajemen Pasar merupakan gabungan dari dua kata
2)    Pengertian secara umum

v  Manajemen      : Sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target.
v  Pemasaran       : Suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa.
v  Pasar                : Kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.

ü  Jadi Manajemen Pemasaran adalah Sebuah prosses rangkaian kegiatan perencanaan,perorganisasian,peng;gerakan dan pengawasan yang dilakukan dalam program pemasaran untuk mencapai target suatu perusahaan.


PASAR ABSTRAK
PASAR NYATA









3)    Jenis-Jenis Pasar

Memiliki 4 Kategori Pendekatan.
Berdasarkan : 
-     Bentuk Kegiatan.
-          Cara Transaksinya.
-          Jenis Barangnya.
-          Keluasan Distribusinya.

1)             Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya.:
·                   Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. (Contoh: pasar tradisional dan pasar swalayan.)
·                   Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. (Contoh : pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing. )
2)             Jenis pasar menurut cara transaksinya. :
·     Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
·              Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
3)             Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.:
Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , (Contohnya :pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.)
4)             Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional dan
  • Pasar Internasional


KONSEP PEMASARAN


4)    Konsep Pemasaran
Dalam konsep dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:

   1. Konsep Produksi
Yaitu suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah. Jadi orientasi konsep ini lebih mengarah pada upaya pencapaian efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Tugas manajemen disini adalah memperbanyak produksi barang karena konsumen dianggap akan menerima hasil produksinya yang terjangkau dimana-mana.

    2. Konsep Produk
Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik. Dimana tugas manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik & menarik.
3. Konsep Penjualan
Menyatakan bahwa konsumen  dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.
4. Konsep Pemasaran
Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan para pesaing.
5. Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.
6. Konsep Pemasaran Global
Dalam konsep ini manajer eksekutifnya harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis. Dimana tujuan akhirnya ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

5)    Keadaan permintaan dan tugas pasar

1)    Permintaan Negatif (negatif demand)
Adalah keadaan sebagian terbesar dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Tugas Pemasarannya adalah positif permintaan dan nama resminya adalah conversional marketing.

2)    Tidak ada permintaan (no demand)
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau jasa. Penawaran yang ada dalam keadaan tidak ada permintaan dapat digolongkan menjadi 3, yaitu :
- Barangnya sudah dikenal tetapi dianggap tidak mempunyai nilai, misal barang-barang bekas.
- Barangnya sudah dikenal dan dianggap bernilai, tetapi tidak mempunyai nilai untuk pasar tertentu, missal penawaran perahu di daerah pegunungan.
- Barangnya baru ditemukan dan menghadapi keadaan tidak ada permintaan Karena pasarnya tidak mengetahui tentang adanya barang-barang tersebut, misalnya barang-barang perhiasan.

Tugas manajer pemasaran pada keadaan permintaan ini adalah menciptakan permintaanatau “stimulation marketing” adalah sebagai berikut :
- Mencoba menghubungkan produk atau jasa dengan kebutuhan yang ada di
   pasar. Misal, barang bekas dapat dibuat barang seni.
- Mencoba mengubah lingkungan sedemikian rupa agar barang-barang yang
   ditawarkan menjadi bernilai, misal membuat danau rekreasi untuk    
   menciptakan permintaan terhadap perahu.
- Menyebar informasi tentang suatu barang yang baru ditemukan kepasar agar
  diketahui bahwa barang tersebut ada dan orang tertarik untuk membeli.

3)    Permintaan terpendam (latent demand)
Adalah jika sebagian besar orang – orang mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk barang atau jasa yang nyata. Dalam keadaan permintaan seperti ini maka manajer pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan permintaan atau disebut “development marketing”.

4)    Permintaan menurun (falling demand)
Adalah suatu keadaan di mana permintaan untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, dan diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak memperbaiki pasar yang dituju atau usaha-usaha pemasaran. Tugas pemasarannya adalah “remarketing”.

5)    Permintaan tidak teratur (irregular demand)
Perusahaan dapat mengalami masa-masa penuh dan masa-masa sepi atau permintaan tidak teratur, yaitu suatu keadaan dimana pola pemintaan pada saat-saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim atau hal-hal lain. Tugas manajemen marketing adalah menyelaraskan permintaan atau “syncromarketing”, yaitu dengan menyesuaikan permintaan dan penawaran dengan mengubah pola permintaan misal dengan memberikan harga yang murah pada masa-masa sepi atau mengenakan harga yang tinggi pada masa-masa ramai.

6)    Permintaan penuh (full demand)
Adalah suatu keadaan di mana tingkat dan saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang diharapkan. Permintaan pasar dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan yang bersifat menekan, seperti perubahan kebutuhan dan selera di pasar, persaingan yang aktif. Biasanya para pesaing akan muncul bilamana suatu produk mengalami permintaan penuh. Tugas manajer permasaran adalah “maintenance marketing”, yaitu dengan mempertahankan harga jual, mengendalikan biaya, tetap mengadakan promosi.

7)    Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
Adalah suatu keadaan dimana permintaan lebih besar dari pada penawarannnya. Perusahaan merasa tidak mampu untuk memenuhi permintaan yang lebih besar. Dalam hal ini tugas manajer pemasaran adalah mengurangi permintaan atau disebut “demarketing”, yaitu dengan menaikkan harga, mengurangi kegiatan promosi.

8)    Permintaan tidak sehat (unwholesome demand)
Adalah permintaan beberapa jenis produk yang dapat dinilai tidak baik dari segi kesejahteraan konsumen, kemakmuran masyarakat atau penyedia, seperti permintaan rokok, obat-obatan terlarang atau ganja, dll. Dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai tugas untuk merusak atau meniadakan permintaan atau disebut “countermarketing”.



BAURAN PEMASARAN 4P


6)    Bauran Pemasaran 4 P(Marketing mix)
a. Product (Produk)
Kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran, yang harus memerhatikan customer needs and wants (keinginan dan kebutuhan konsumen)

b. Price (Harga)
Jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk, dengan memerhatikan cost to the customer (biaya yang ditanggun konsumen)

c. Place (Distribusi)
Aktivitas perusahaan untuk mebuat produktersedia bagi konsumen sasaran dengan memperhitungkan convenience (kemudahan akses) konsumen.

d. Promotion (Promosi)
aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk konsumen sasaran untuk membelinya, dengan melakukan communication pada konsumen.


TAKE DEAL!!


7)    Tujuan Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif dari sistem pemasarn yaitu:
ü  Memaksimumkan Konsumsi
Pekerjaan pemasarn adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimu, akhirnya menciptkan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum

ü  Memaksimumkan kepuasan konsumen
Mengukur kepuasaan konsumen tidak muah, karena belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada individu,, kepuasaan dari produk atau jasa yang baik diimbangi olehkejelekan dari pencemaran lingkungan, kepuasaan yang diterima seseorang tergantung dari sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.

ü  Memaksimumkan Pilihan
Beberapa pemasaran percaya bahwa tujuan system pemasaran adalah untuk memaksimumkan beragam produk dan pilihan konsumen.

ü  Memaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang, mutu, lingkungan fisik, dan mutu lingkungan kultur.



8)      PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN

·         Pendekatan serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yaitu, pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi, pengumpulan informasi pasar.

·         Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atorganisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal: Produsen, supplier, perantara dagang.

·         Pendekatan serba barang (organisasi industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen kekonsumen akhir atau konsumen industri.

·         Pendekatan serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajer atau keputusan yang diambil.

·         Pendekatan serba sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk dan lembaga.

9)    Ciri – Ciri

Pemasaran adalah kreasi dan realisasi . Pemasaran mencangkup kegiatan dengan ciri – ciri sebagai berikut :
§  Menyelidiki dan mengetahui apa yang dibutuhkan keinginan konsumen.
§  Merencanakan dan mengembangkan sebuah produk atau jasa yang akan memenuhi produk atau jasa yang ditawarkan.
§  Sifat khusus yaitu eksploitasi faktor – faktor diluar perusahaan inilah yang membedakan fungsi marketing dari ke tiga fungsi pokok business management yang lain.

10)                       Fungsi Pemasaran

Pada artiken ini difokuskan pada pada fungsi pemasaran , sepeti berikut ini :
a)     Fungsi Pembelian (Buying), mengikuti kegiatan untuk mencari dan juga mengumpulkan produk yang dibutuhkan sebagai persedian untuk pemenuhan kebutuhan konsumen.

b)    Fungsi Penjualan (Selling) , Kegiatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik berupa Produk ataupun Jasa dengan tujuan mendapatkan laba.

c)     Fungsi Transportasi(Transportation), kegiatan untuk pemindahan produk dari suatu wilayah ke wilayah yang lainnya.

d)    Fungsi Penyimpanan (Saving) , kegiatan untuk penyimpanan produk yang telah dibeli , hal ini dilakukan sebagi persediaan baikpun menghindari adanya kerusakan ataupun resiko lainnya.

e)     Fungsi informasi pasar (Market Information), fungsi ini sifatnya sangat luas serta fungsi yang palin penting. Hal ini disebebkan fungsi ini emeberikan informasi tentang situasi serta kondisi perdanagan ang masih sangat umum yang mana masih ada hubungn dengan produk tertentu, serta harga jual yang diinginkan konsumen dan juga semua kondisi pasar.


PROSPEK KERJA 

11)                       Profesi/Prospek Kerja dalam bidang Pemasaran

Beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang yang basicnya merupakan Manajemen Pemasaran, berikut dibawah ini :
1.      Sales Excecutive / Marketing Division
Merupakan bagian utama yang menjadi ujung tombak perusahaan untuk menjual barang dan jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dengan sebaik mungkin.

2.      Konsultan / Marketing Analisis
Kegiatan yang menyajikan data-data mengenai dunia bisnis dan target pasar yang di cari oleh industri perusahaan.

3.      Social Media Marketing
Saat ini semakin banyak saja perusahaan yang melirik sosial media sebagai sarana mereka untuk melakukan strategi pendekatan dan menarik hati konsumen. Sekarang sosial media marketing juga sudah mulai menjadi bahan yang dipelajari secara akademik karena pengaruhnya yang cukup besar saat ini.

4.      Entrepreneur / Kewirausahaan
Seorang pemasar sangat mirip dengan seorang wirausahawan, harus memiliki jiwa tangguh dan kepemimpinan yang tinggi. Kamu bisa mengembangkan usaha kamu sendiri dengan ilmu marketing yang kamu miliki apapun sektor bisnis yang kamu kerjakan.




Sumber :



Comments

Popular posts from this blog

EXERCISE OF CAUSATIVE VERBS,ADJECTIVES AND ADVERBS, PASSIVE VOICE, AND DIRECT AND INDIRECT

"TUGAS PEREKONOMIAN 1" PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA (2012-2017)

ENGLISH TASK - COMMONLY MISSUED,CONGFUSINGLY RELATED, AND PREPOSITION