PERUSAHAAN & LINGKUNGANYA

Contoh Gedung Perusahaan
APA YANG KALIAN PIKIRKAN TENTANG PERUSAHAAN ?

Kata “Perusahaan” mungkin terdengar bangunan/instansi yang megah dan pendirinya pasti sangat sukses, begitupun para pekerjanya tentunya memiliki banyak pundi pundi rupiah. Dibalik kesuksesan pasti ada usaha yang keras . Sebelum kalian terjun kedalam dunia Perusahaan , mari kenali terlebih dahulu tentang 



“Perusahaan dan Lingkunganya”


1.     PENGERTIAN PERUSAHAAN

Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan uapaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.

Ciri umumnya Perusahaan :

  • Operatif
Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.

  • Koordinatif
Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.

  • Regular
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.

  • Dinamis
Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.

  • Formal
Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,

  • Lokasi
Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.

  • Pelayanan Bersyarat
Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
                        
2.     TEMPAT DAN LETAK PERUSAHAAN

2.1  Tempat Perusahaan

Tempat perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan sebagainya.

2.2  Letak Perusahaan

Letak Perusahaan adalah tempat dimana perusahaan melakukan kegiatannya sehari-hari. Letak perusahaan harus Strategis pasalnya jika tidak maka perusahaan tersebut akan kalah saing . Oleh karena itu pemilihan letak perusahaan harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan dan spekulasi kedepanya bagaimana.
Cara Penentuan Letak Perusahaan.
Secara umum terdapat 2 macam cara untuk menentukan lokasi perusahaan yaitu :
1.      Cara kualitatif
Dengan cara ini diadakan penilaian secara kualitatif terhadap faktor-faktor yang dianggap relevan atau memegang peranan pada setiap pilihan lokasi.
2.       Cara kuantitatif
Dengan cara ini hasil analisis kualitatif dikuantifikasikan dengan cara memberikan skor(nilai)pada masing-masing kriteria. Sedangkan menurut teori Alfred Weber,dalam teorinya mengemukakan ada dua faktor yang mempengaruhi penetapan lokasi perusahaan,yaitu :
                        ·         Biaya pengangkutan
                        ·         Biaya tenaga kerja

2.3 PERBEDAAN TEMPAT PERUSAHAAN DAN LETAK PERUSAHAAN
Perbedaan letak perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan terletak pada fungsinya.

TEMPAT PERUSAHAAN
LETAK PERUSAHAAN
·         Berfungsi sebagai tempat administrasi perusahaan tersebut dan cenderung ke kota-kota besar
·         Berfungsi sebagai tempat mengolah produk (keadaan fisik perusahaan untuk melaksanakan kegiatan operasional


 
Jenis Perusahaan Milik Indonesia


3.     JENIS JENIS PERUSAHAAN DAN KLASIFIKASINYA

            Jenis Letak Perusahaan dibedakan menjadi 4, yaitu :     
  • Bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA)
            Pada umumnya karena tersediaan dan kemudahan bahan baku pada alam.
            Contoh : Perusahaan timah, emas, minyak bumi, timah, batu bara.
  • Sudah menjadi Tradisi / Sejarah
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di suatu  daerah tertentu karena hanya dapat di jelaskan berdasarkan sejarah.
            Contoh : Perusahaan batik, pekalongan.
  • Ditetapkan oleh pemerintah
Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik dan kesehatan.
Contoh : Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
  • Disebabkan oleh faktor-faktor ekonomi & sosial
Yang bersifat industri adalah : ketersediaan bahan mentah, tenaga air, tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar, dan kesesuaian iklim.

Tanggung Jawab Social Perusahaan


4.     PERUSAHAAN DAN LEMBAGA SOSIAL
'
4.1 Perusahaan

            Organisasi yang bertujuan mengoptimalkan pendapatan atau laba dengan mengolah bahan baku atau sumber daya alam yang ada,jadi sumber pendapatannya berdasarkan tingkat keuntungan dari hasil penjualan produknya.

4.1.1 Tujuan Pendirian Perusahaan

Di badakan menjadi 2, yaitu :

1.      Tujuan ekonomisBerkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.
Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).

2.      Tujuan social, Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, factor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.

4.1.2 Fungsi-fungsi Perusahaan

Ada 2 fungsi perusahaan :

1.      Fungsi operasi
Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.

2.      Fungsi manajemen
Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancer, terkoordinasi, terintegrasidalam rangka mencapai tujuan.

4.1.3 Macam Lingkungan Perusahaan

Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ektern yang mempengaruhi perusahaan, baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan secara luas mencakup  semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.

                Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :

1.      Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusaan.

Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi 2 :

A)    Lingkungan eksternal makro

Adalah lingkungan eksternal  yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. 

Contoh :
  • Keadaan alam => SDA, lingkungan.
  • Politik dan hankam => kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada => menciptakan.
  • Hukum
  • Perekonomian
  • Pendidikan dan kebudayaan
  • Social dan budaya
  • Kependudukan
  • Hubungan internasional.
B)     Lingkungan eksternal mikro

Adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.

Contoh :
  • Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
  • Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
  • Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
  • Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2.      Lingkungan Internal

Adalah factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.

Contoh :
  • Tenaga kerja
  • Peralatan dan mesin
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  • Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
System informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
       4.2 Lembaga Sosial

       Organisasi dalam bentuk kesadaran sosial yang dibentuk dan bertujuan untuk dapat melayani masyarakat luas sesuai dengan bidangnya, dimana organisasi sosial mendapatkan pemasukan atau modal yang berasal dari sumbangan, hibah, atau subsidi dari pemerintah dan dermawan yang menjadi sumber pendapatannya.



Sumber (source):
 Pustaka    :
           
  Buku Pengantar Bisnis, Jakarta Gramedia pustaka
 internet access:

Comments

Popular posts from this blog

EXERCISE OF CAUSATIVE VERBS,ADJECTIVES AND ADVERBS, PASSIVE VOICE, AND DIRECT AND INDIRECT

"TUGAS PEREKONOMIAN 1" PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA (2012-2017)

ENGLISH TASK - COMMONLY MISSUED,CONGFUSINGLY RELATED, AND PREPOSITION