BISNIS IMPIAN

BISNIS IMPIAN
“KAMERA DSLR & LENSA”




Adhitia Pratama
20217122
Fakultas Ekonomi
Jurusan Akuntansi
Dosen :Sri Rakhmawati,SE.,MMA





UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2018
DAFTAR ISI
BAB I             PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan

BAB II                        PEMBAHASAN
2.1 Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini
2.2 Bagaimana sejarah dibuatnya bisnis tersebut
2.3 Bagaimana menjual produknya
2.4 Kekurangan dan kelebihan bisnis ini
2.5 Permintaan yang terdapat pada bisnis

BAB III          PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Lampiran


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Semakin banyaknya penggemar fotografi yang menggunakan kamera DSLR membuat para entrepreneur melihat munculnya kesempatan membangun usaha-usaha untuk mendukung kegiatan fotografi tersebut, salah satunya adalah usaha penjualan produk-produk pendukung kamera. Toko HARSIS Camera adalah salah satu toko yang bergerak dibidang penjualan produk aksesoris kamera.

Saat ini sistem penjualan yang digunakan pada Toko HARSIS Camera adalah dengan cara pembeli harus datang langsung ke toko untuk membeli produk yang diinginkan. Sistem ini membuat konsumen yang tinggalnya jauh dari toko ataupun yang berada diluar kota sangat sulit untuk melakukan transaksi secara langsung ke toko. Kendala lainnya adalah sulitnya mengelola data produk dan laporan, dimana pengelolaannya adalah dengan menulis dalam sebuah buku dan akan sulit untuk mencari ketika data-data tersebut dibutuhkan, terlebih dengan resiko rusak atau hilang.

Seiring berkembangnya teknologi informasi khususnya internet mampu mengubah gaya hidup sebagian orang di Indonesia, salah satu pemanfaatan teknologi internet adalah aplikasi electronic commerce atau sering disebut ecommerce. Dengan adanya e-commerce perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumennya dengan lebih efisien, hal ini karena semua komponen yang terlibat dalam proses bisnis seperti customer service, produk maupun layanan yang tersedia, cara promosi dan pembayaran diaplikasikan melalui e-commerce.

Pemanfaatan teknologi e-commerce dalam bidang bisnis penjualan aksesoris kamera akan memberikan dampak positif, baik dari segi transaksi penjualan maupun manejemen produknya. Dari segi transaksi penjualan, para pelaku bisnis dapat melakukan aktifitas lain dan tidak terbatas pada letak geografis, sementara konsumen dapat melakukan transaksi pembelian tanpa harus dibatasi oleh waktu. Dari segi manajemen produk dan laporan yaitu pengolahan produk dan laporan menggunakan database yang dapat mengontrol sirkulasi data.
Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang timbul inilah yang menjadi latar belakang dari membangun aplikasi ecommerce pada HARSISCamera sebagai alat penyebaran informasi serta transaksi elektronik di Toko HARSISCamera.


1.2 Rumusan Masalah
1. Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini ?
2. Bagaimana sejarah dibuatnya bisnis tersebut ?
3. Bagaimana menjual produknya ?
4. Kekurangan dan kelebihan bisnis ini ?
5. Permintaan yang terdapat pada bisnis ?

1.3 Tujuan
1. Mengetahui nama bisnis apa yang akan di bahas dalam makalah ini.
2. Mengetahui sejarah membuat bisnis tersebut.
3. Mengetahui bagaimana owner memasarkan produknya.
4. Mengetahui apa kekurangan dan kelebihan bisnis ini.
5. Mengetahui pemintaan yang terdapat pada bisnis ini.
           

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Apa nama bisnis yang akan dibahas dalam makalah ini
Dalam makalah ini saya diminta untuk membahas bisnis impian menurut saya. Dan dalam makalah ini saya tertarik untuk membahas mengenai bisnis yang dijalankan oleh kakak ipar saya dibidang teknologi khususnya kamera fotografi yang menurut saya ini bisa menjadi kerjasama bisnis impian yang menginspirasi saya saat ini waktu itu saya mendapatkan tawaran menjadi reseller atau mempromosikan daganganya dan saya mendapatkan persentase dari hasil penjualan tersebut.
            Wicaksono Haryo Pamungkas merupakan pemilik sekaligus pengololah bisnis HARSIS Camera ini beliau berasal dari Yogyakarta.Saya mengambil bisnis impian ini karena pada saat ini juga saya ikut berpartisipasi mengambil bagian dalam bisnis jual/beli kamera ini dan alasan lainya adalah ini merupakan bisnis keluarga, dan saya mendapatkan dukungan dari kedua orang tua saya untuk membantu dalam penyebaran informasi di daerah Jakarta jikalau ingin membeli kamera baru/bekas bisa melihat lihat di e-commerce HARSIS camera dan jika ingin COD(Cash On Delivery) didaerah Jakarta bisa menghubungi saya.


2.2 Bagaimana sejarah dibuatnya bisnis tersebut
            Beliau bernama Wicaksono Haryo Pamungkas lulusan Fakultas Fotografi di Institute Seni Indonesia (ISI) , Yogyakarta. Beliau pada awalnya hanya mempunyai satu kamera dan lensa dikarenakan belum terpikirkan bisnis kamera dan beliau hanya menggunakan kameranya ketika bekerja saja, Ya,dengan adanya skill Fotografi dari pengalaman dan pembelajaranya pada saat di perguruan tinggi itu ,beliau bekerja sebagai fotograffer, seperti Prewedding,Buku Tahunan Sekolah, Foto Keluarga, Bekerja di studio dan masih banyak lagi.
            Namun beberapa tahun bekerja ketika beliau diharuskan membeli lensa karena suatu pekerjaan yang memerlukaan zoom jarak jauh akhirnya beliau mencari cari informasi, dan kebetulan temen beliau merupakan penjual lensa itu, setelah take deal, beliau diajak berbincang bincang dan diajak ber-usaha oleh temanya itu dalam bidang teknologi kamera dslr,setelah mempunyai modal/omset mulailah perlahan membuka jual beli kamera dan lensa online berawal dari nama HR Camera dan  ketika sudah berumah tangga kemudian ganti nama baru yaitu HARSIS Camera (Haryo dan Siska).


2.3 Bagaimana menjual produknya
            HARSIS Camera menjual produknya melalui E-Commerce Bukalapan dan Tokopedia, da nada pula tempat kerja (toko) yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta , daerah Sleman, Yogyakarta.
Kamera DSLR bisa dikategorikan kebutuhan yang tersier karena smartphone jaman sekarang sudah dilengkapi kamera yang memadai namun ada kalanya kamera DSLR dibutuhkan bila ada suatu hobi mengoleksi kamera, tugas proyek yang mengahruskan menggunakan kamera, suka dengan paparazzi,dan masih banyak lagi yang orang pikirkan tentang kamera DSLR.
            HARSIS Camera juga tidak hanya menjual Kamera namun menjual juga Lensa dan aksesoris yang berhubungan dengan kamera seperti tas kamera,pembersih lensa,charger,memory eksternal,tripod dan lain2. Dan HARSIS kamera juga membagi 2 kategori, Kategori barang bekas dan barang baru , konsumen dapat memilih sesuai yang dibutuhkan. Barang second pada HARSIS Camera tidak seburuk apa yang dibayangkan , pemilik perusahaan juga melihat langsung kondisi barang dan keadaan barang karena pemilik juga tidak ingin membuat konsumenya rugi dan membuat komplen ketika barang yang diterima tidak sesuai harapan dan penargetan pada barang bekas itu adalah 90% lebih kondisi mulus dan kerja barang kamera optimal tanpa cacat sedikitpun.
            HARSIS Camera juga menjual kamera dengan berbagai macam merk seperti Canon,Nikon,Sony,dll begitupun disesuaikan dengan lensanya. Untuk harga yang ditawarkan mengikuti harga pasaran dan disesuaikan dengan kategori , mulai dari kamera jaman dulu (kolektor) hingga jaman modern pada saat ini.


2.4 Kekurangan dan kelebihan bisnis ini
Dalam berbisnis pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan. Dan tak terkecuali dalam bisnis Kamera dan Lensa ini. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan bisnis HARSIS Camera
Kelebihan Bisnis :
·         Jual beli kamera second ini yg pertama jelas menguntungkan, karena tanpa harus membeli baru yang harus mengeluarkan duit banyak dengan kualitas yang sepadan
·         Semakin kesini semakin banyak pengguna kamera.
·         Berbeda dengan bisnis makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa yang cepat , barang elektronik mempunyai umur dan masa pemakaian yang panjang.
·         Dengan lakunya menjual satu produk saja sudah mengasilkan untung mencapai 20% atau lebih


Kekurangan Bisnis
·         Harus memiliki Keterampilan yang memadai, tidak semua orang bisa dalam bisnis fotografi khususnya orang awam yang tanpa mengetahui seluk beluk kamera.
·         Memerlukan modal yang cukup besar
·         Tidak ada permintaan tetap
·         Menjual barang elektronik yang kadang mudah rusak walaupun semua sudah dalam pengecekan detail.

2.5 Permintaan yang terdapat pada bisnis
a)      Permintaan Negatif
- Jika sebagian besar pasar tidak meyukai produk tertentu dan bahwa orang bersedia mengeluarkan uang untuk menghindarinya.
- Penangananya adalah menganalisis pasar mengapa tidak menyukainya dan merancang strategi baru seperti memberikan promo baik diskoin maupun acecoris kamera yang membuat toko tidak mengalami kerugian

b)      Permintaan Tidak Teratur
- Karena bisnis yang dibicarakan ini adalah bisnis yang beraliran Teknologi pasti tiap setengah tahun atau pertahunya mengeluarkan trend baru dan Kamera merupakan titik jenuh suatu barang karena fungsinya hanya untuk memfoto atau memvideo yang hasilnya berupa visual yang diterima oleh kamera
- Penangananya adalah mengikuti trend yang berkembang dan menjadikan barang best seller pada masanya itu kita cari lalu kita jual kembali dengan harga yang berbeda dari yang kita beli .

c)      Permintaan Positif
-Kebalikanya dengan Permintaan negative, dimana pasar menyukai produk yang kita tawarkan
-Penanganyanya, menjaga kepuasan konsumen.

d)     Permintaan Penuh
Adalah bila perusahaan mengalami kepuasan dengan volume bisnis mereka. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan saat ini  tengah perubahan preferensi konsumen dan peningkatan persaingan.

  
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Dalam membuat bisnis impian tidaklah mudah. Banyak tantangan yang akan dihadapi. Dari makalah ini kita bisa mengetahui bagaimana seorang Wicaksono Haryo Pamungkas mendirikan bisnisnya dari 0. Dengan mencari modal sendiri, informasi sendiri, dan memasarkan sendiri. Kita belajar dari beliau bahwa ketika kita mempunyai kemauan maka segala tantangan dalam membuat bisnis bisa kita hadapi. Jangan lupa bila bisnis sudah dilakukan jangan pernah menyerah untuk mengikuti trend masa kini sekaligus mengawasi competitor karena competitor adalah guru dalam dunia bisnis dan kita harus dapat mengembangkanya.

3.2 Lampiran



Kamera dan Lensa


Best Seller


Etalase Toko


Tampak Toko dari dalam



Stock Tas Kamera

Comments

Popular posts from this blog

EXERCISE OF CAUSATIVE VERBS,ADJECTIVES AND ADVERBS, PASSIVE VOICE, AND DIRECT AND INDIRECT

"TUGAS PEREKONOMIAN 1" PENDAPATAN PERKAPITA INDONESIA (2012-2017)

ENGLISH TASK - COMMONLY MISSUED,CONGFUSINGLY RELATED, AND PREPOSITION